Kali ini kita akan membahas tentang pembuatan game 2D ufo dengan unity
aplikasi yang kita butuhkan yaitu UNITY
udah pada instal unity kan? buka unity nya , new project
itu asset yang bakal kita gunain
tampilan awal nya kaya gitu
terus buat 4 folder
script, scene, prefabs, image
masukin asset nya di image
terus drag yang background ke hierarchy nya
itu kan masih kegedean nya kan ukurannya
nah biar keliatan , size camera nya digedein
abis itu masukin ufo nya ke dalam hierarchy ganti nama jadi
player
terus di object playernya
dikasih rigid body 2D
fungsinya biar kayak ada bebannya
gravity scalenya ubah jadi 0 biar kayak ngambang di luar
angkasa
atau gak ada gravitasi
abis itu biar playernya bisa geral
buat script C# di folder script dengan nama player
controller
abis itu di klik scriptnya, biasanya ada yang pake visual
studio kalo gak monodevelop. Disini aku pake mono develop
itu pake public biar keliatan di opsi nya, kalo private itu
gak keliatan tapi ada ya kayak visible invisible. Terus move horizontal
vertical biar bisa jalan horizontal vertical terus rb2D.AddForce itu buat
mengatur kecepatan si playernya, kecepatan kegraknya lalu save dulu jangan lupa
oke
Tadi kan scriptnya udh di save. Abis itu drag ke
inspectornya player
terus speed nya diatur sesuai selera, mau lambat apa cepet
hehe
coba di run, kan masih melayang layang gak jelas tanpa batas
tuh ya ufo nya nah kita bikin pembatasnya tambahin component box collider 2D di
inspector backgroundnya
sampai sini dulu yaa masih banyak lanjutannya sebenarnya, jangan bosen nunggu yaa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar