Materi Mata Kuliah Bahasa Indonesia:
1.
Bahasa Sebuah Pemahaman
2.
Ejaan
3.
Penalaran
4.
Kalimat
5.
Paragraph
6.
Wacana
7.
Diksi Dan Gaya Bahasa
8.
Bibliografi
9.
Catatan Kaki
10.
Karya Ilmiah
11.
Makalah
12.
Skripsi, Tesis
13.
Artikel
14.
Refleksi Kuliah
Diskusi
tentang Penalaran
1.
Mengapa kesimpulan dari sebuah penalaran
deduktif dilakukan secara deduksi?
Jawab:
karena deduksi adalah proses penalaran dari deduktif, maksudnya deduksi adalah
prosesnya sedangkan deduktif adalah pernyataan.
2.
Apa pengertian silogisme dan analogi?
Jawab:
-
silogisme adalah penarikan secara
deduktif, berupa 3 paragraf 2 penalaran dan 1 kesimpulan.
-
Analogi adalah penarikan secara
membandingkan 2 hal yang bersifat sama.
3.
Kelemahan dari penalaran deduktif dan
induktif!
Jawab:
ketika dalam proses tidak cermat akan terjadi salah penalaran
4.
Bagaimana agar kita tidak salah
penalaran?
Jawab:
-
harus cermat dan benar
-
tidak boleh ada dua premis negative
-
teori yang diambil harus benar
-
jumlah peristiwa (objek) harus memadai
-
mengikuti pola berfikir secara tepat
5.
Apa fungsi penalaran dalam bahasa
Indonesia?
Jawab:
sebagai pernyataan yang dihubungkan dengan bukti (petunjuk).
6.
Apa perbedaan antara penalaran deduktif
dan induktif!
Jawab:
-
Penalaran deduktif adalah umum ke
khusus, diawali dari teori atau prinsip yang digunakan adalah silogisme dan
entimen.
-
Penalaran induktif adalah dari
pengamatan empiric dan menghubungkan dua hal, generalisasi dan sebab-akibat.
7.
Jelaskan penalaran empiric berikan
contohnya!
Jawab:
empiric berdasarkan paradigm dari berbagai gejala (yang benar)
8.
Jelaskan pengertian penalaran entimen,
besert contohnya!
Jawab:
entimen adalah silogisme yang diperpendek.
Contoh:
silogisme ada 3 prosisi
1. Premis
umum : A=B
2. Premis
khusus : C=A
3. Simpulan : C=B
Maka
entimennya adalah C, B karena CA
Diskusi
tentang Kalimat
1.
Apa perbedaan kalimat baku dan tidak
baku, jelaskan dan berikan contoh!
Jawab:
baku adalah standart
-
Kalimat baku adalah kalimat yang
memenuhi kaidah sintaksis, morfologi yang harus diperhatikan polanya yaitu S
dan P. Contoh:
Buku
itu menceritakan kisah Romeo dan Juliet
S P O
-
Kalimat tidak baku adalah. Contoh:
Dalam
buku itu menceritakan kisah tragis Romeo dan Juliet
K P O
2.
Jelaskan apa itu grametikal!
Jawab:
gramatikal adalah makna yang berubah-ubah sesuai dengan konteks pemaikainya.
3.
apa kalimat konotasi dan denotasi,
jelaskan dan berikan contoh!
Jawab:
-
konotasi adalah kata yang tidak sebenarnya.
Contoh: bunga desa
-
denotasi adalah kata sebenarnya. Contoh:
bunga mawar
4.
Jelaskan perbedaan kalimat majemuk dan
bertingkat. Berikan contoh!
Jawab:
-
kalimat majemuk adalah kalimat yang
terdapat dua klausa atau lebih yang bersifat setara. Setara dihubungkan
konjungtor atau, dan. Contoh: rina membawa buku dan nurul membawa hp
-
kalimat bertingkat adalah pola
perkembangan dari yang lain, ada induk dan anak kalimat. Konjungtornya ketika,
sewaktu, agar, bahwa. Contoh: mereka tertawa ketika dosen sedang melawak.
5. Mengapa dalam menulis sebuah kalimat
efektif kita harus menentukan diksi dan ejaan bahasa yang tepat?
Jawab:
misal kalimat “kamu sedang menulis” kalau diganti “kamu menulis?” dari kalimat
tersebut tidak tepat oleh karena itu kalimat harus tepat dan logis.
6. Ciri-ciri kalimat efektif!
Jawab:
-
Kesepadanan struktur
-
Keparalelan bentuk
-
Ketegasan makna
-
Kehematan kata
-
Kecermatan penalaran
-
Kepaduan gagasan
-
Kelogisan bahasa
Diskusi
tentang Paragraf
1.
Jelaskan perbedaan argumentasi dan
persuasif!
Jawab: kalau argumentasi dilihat dari tujuan
penggunaannya. Sedangkan persuasif untuk membujuk.
2.
Apa pengertian transisi?
Jawab:
transisi adalah perpindahan. Penanda transisi dilihat dari kalimat.
3.
Berikan contoh paragraph campuran!
Jawab:
paragraph campuran adalah paragraph yang kaliamat utamanya terdapat pada awal
dan akhir kalimat.
4.
Apa saja ciri-ciri kalimat topic?
Jawab:
-
Berisi gagasan utama
-
Kalomat pokok bersifat wajib
-
Bisa dikembangkan dengan pengembang
langsung maupun tidak
5.
Bagaimana teknik mengembangkan paragraph?
Jawab:
-
Mengemukakan kalimat pengembang langsung
dan tidak langsung
-
Dengan pola kronologi atau urutan waktu
-
Dengan pola Umum-khusus
-
Dengan pola Analogi
-
Dengan pola ilustrasi
6.
Apa kalimat topic dengan kalimat
pengembang saling berkaitan?
Jawab: teknik
pengembang langsung berasal dari kalimat topic sedangkan kalimat pengembang
tidak langsung berasal dari pengembang tidak langsung.
Diskusi
tentang Wacana
1.
Kelemahan dari wacana tulis!
Jawab:
-
Tidak dapat memperhatikan ekspresi,
intonasi dan nada
-
Harus kalimat efektif
-
Kalau wacana tidak jelas bisa terjadi
salah perspeksi
-
Tanda baca salah
-
Ide harus jelas
2.
Perbedaan monolog, polilog, dialog dan
berikan contohnya!
Jawab:
-
Monolog :
1 orang, contoh: pidato
-
Polilog :
3 orang atau lebh, contoh: diskusi
-
Dialog :
2 orang, contoh: percakapan
3.
Hubungan kohesi dan korehensi!
Jawab:
-
Kohesi adalah hubungan gramatikal yang
tampak, diberi tanda penghubung.
-
Korehensi adalah kesinambungan (wajib)
antara hubungan dalam tata bahasa.
4.
Syarat terbentuknya wacana!
Jawab:
-
Tema atau topic
-
Untaian kalimat
-
Penanda kohesi harus ada koherensi
5.
Perbedaan wacana argumentasi dan
paragraph argumentasi!
Jawab:
didalam wacana argumentasi kita dapat menemukan paragraph-paragraf lain, yang
paling dominan adalah paragraph argumentasi.
6.
Pengertian dari fiksi dan non fiksi!
Jawab:
-
Fiksi adalah proses kreatif seseorang,
mengutamakan perasaan dan amanat bahasanya yang imajinatif.
-
Non fiksi adalah karya ilmiah (hasil
penelitian, pengamatan) bukti dan fakta mendukung, bahasa lugas.
Diskusi
tentang Diksi dan Majas
1. sebutkan
syarat syarat ketepatan diksi dan berikan contohnya!
Jawab:
-
bunga-bunga bahasa
-
kata khusus dan umum
-
perhatika kata rasa
-
penggunaan kalimat efektif
2. apakah
yang dimaksud diekspresikan secara ferbal dan diksi?
Jawab: diksi adalah
pilihan kata, bisa konotasi dan denotasi. Majas adalah kata yang digunakan
untuk mencapai efek tertentu supaya puisi lebih tersa hidup atau indah.
3. apa
yang dimaksud sifat insani dalam majas personifikasi!
Jawab: insani berarti
seolah-olah seperti manusia
4. tujuan
dari gaya bahasa!
Jawab: untuk
memperindah kata
5. sebutkan
majas sindiran beserta contoh nya dan jelaskan!
Jawab: majas sindiran
adalah ragam bahasa yang digunakan dengan tujuan menyindir seseorang. Contoh:
bagus sekali tulisanmu, sehingga aku tidak bisa membacanya.
6. kenapa
dalam puisi harus ada diksi dan majas,apakah harus?
Jawab: diksi dan majas
dalam sebuah puisi itu tergantung penyiar
Diskusi
tentang Bibliografi
1.
berikan contoh daftar pustaka jika ada
pengarang lebih dari satu!
Jawab: Bahri,
Syaiful.Et Luqman Rosid.2011.Bahasa
Indonesia.Kudus:Gramedia.
2.
Apa perbedaan skripsi, tesis dan
disertasi?
Jawab:
-
Skripsi adalah karya ilmiah untuk
jenjang strata 1
-
Tesis adalah karya ilmiah untuk jenjang
strata 2 (magister)
-
Disertasi adalah karya ilmiah untuk
jenjang strata 3 (doctor)
3.
Jelaskan dan sebutkan cakupan
bibliografi?
Jawab:
-
Bibliografi restrospektif adalah jenis
bibliografi yang mencatat bahan pustaka yang telah diterbitkan pada zaman
lampau.
-
Bibliografi terkini adalah jenis
bibliografi yang mencatat terbitan yang sedang atau yang masih terbit saat ini.
-
Bibliografi selektif adalah bibliografi
yang mencatat terbitan tertentu dengan tujuan tertentu.
-
Bibliografi subject adalah memuat
informasi bibliografi dokumen mengenai masalah atau subjek tertentu (khusus)
-
Bibliografi nasional adalah memuat
daftar dokumen yang diterbitkan pada suatu Negara tertentu.
4.
Bagaimana tata cara penyusunan
bibliografi dan jelaskan!
Jawab:
a. Nama
pengarang (susunan: nama kedua, nama pertama)
b. Judul
buku
Judul artikel: nama jurnal vol.
no./majalah/suratkabar
Judul esai: nama buku, kumpulan
esai
Judul karangan: nama ensiklopedia
c. Nama
kota
d. Nama
penerbit
e. Tahun
terbit
Diskusi
tentang Catatan Kaki
1.
Apa perbedaan catatan kaki dan daftar
pustaka?
Jawab:
Catatan
kaki:
-
Ada nomor urutan
-
Nama tidak dibalik
-
Judul
-
Dalam buku (ada didalam kurung) disertai
halaman
Daftar
pustaka:
-
Terletak pada akhir
-
Menggunakan tanda koma
-
Nama dibalik
-
Tahun
2.
Apa tujuan adanya catatan kaki?
Jawab:
sebagai penghargaan, untuk memenuhi kode etik
3.
Sebutkan jenis-jenis catatan kaki dan
jelaskan!
Jawab:
a. Ibid,
untuk catatan kaki yang sumbernya sama dengan catatan kaki yang berada
diatasnya. Ditulis dengan huruf besar, digaris bawah, diikuti tiktik dan koma,
lalau nomor halaman
b. Op.cit,
untuk catatan kai dari sumber yang pernah dikutip, tetapi telah disisipi
catatan kaki lain dari sumber yang lain. Urutannya nama pengarang, op.cit,
nomor halaman
c. Lo.cit,
seperti op.cit tetapi dari halaman yang sama, nama pengarang loc.cit, nomor
halaman.
4.
Syarat umum pada catatan kaki!
Jawab:
a. Catatan
kaki harus dipisahkan oleh sebuah garis yang panjangnya empat belas karakter
dari margin kiri dan berjarak empat spasi dari teks
b. Catatan
kaki diketik berspasi Saturday diberi nomor
Kisi-kisi
UAS bahasa Indonesia
1.
Menulis paragraph induktif
2.
Membedakan paragraph analogi dengan
hubungan sebab akibat
3.
Menulis wacana
4.
Menentukan ide-ide pokok tiap paragraph
5.
Menyebutkan fungsi diksi
6.
Menulis daftar pustaka
Jawaban:
1.
Sekarang ini makin banyak pengguna
internet membuat blog. Ada berbagai tujuan mereka membuat blog, mulai dari
sekedar sharing, menulis, hobi da nada juga yang menggunakan intenet untuk
bisnis. Manfaat blog juga banyak, salah satunya adalah meningkatkan minat baca
dan menjadi lading ilmu. Hal ini menandakan blog sangat bermanfaat.
2.
Paragraph analogi adalah perbandingan
yang menunjukkan kesamaan-kesamaan antara dua barang atau sesuatu hal yang
dibandingkan. Contoh: pada dasrnya, computer mirip dengan manusia. Computer
mempunyai energy yaitu baterai yang apabila habis harus diisi ulang dengan cara
discharge. Begitu pula dengan manusia, apabila energy habis harus diisi ulang
dengan cara makan. Apabila computer sudah terlalu lama bekerja, maka
diistirahatkan dulu. Begitu pula pada manusia.
Hubungan
klausal (sebab-akibat) adalah prinsip sebab-akibat yang sudah pasti antara
segala kejadian, serta bahwa setiap kejadian memperoleh kepastian dan keharusan
serta kekhususan. Kekhususan ekstensinya dari sesuatu atau berbagai hal lainnya
yang mendahuluinya, merupakan hal-hal yang diterima tanpa ragu dan tidak
memerlukan sanggahan. Contoh: adasebuah mata kuliah pemograman yang kelasnya
dimulai pada sore hari. Sore hari itu biasanya identic dengan lelah, mengantuk,
bosan. Hal itulah yang menyebabkan beberapa orang tidak berkonsentrasi saat kelas
pemrograman berlangsung. Akibatnya mereka tidak begitu menguasai program yang
sudah diajarkan.
3.
System informasi
-
Pengertian system informasi
Saat ini, SI sering terdengar
dengan kata computer dan dikaitkan dengan system informatika padahal sebenarnya
pengertian system informasi dan informatika sangat berbeda. Pengertian system
informasi memiliki beberapa komponen teknologi informasi, hal inilah berkaitan
pada tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Selain itu juga, system informasi
membantu untuk mengontrol suatu proses kinerja dalam bisnis.
-
Perbedaan teknologi informasi dengan
system informasi
System informasi adalah system
terintregrasi yang dapat menyediakan informasi yang berguna untuk penggunanya.
Namun teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia pada proses penyampaian
informasi dari pengirim ke penerima hingga lebih cepat, lebih luas sebenarnya
serta lebih lama penyimpanannya.
4.
Ide pokok biasanya terdapat pada awal
kalimat.
5.
Fungsi diksi:
-
Membaca ataupun mendengar karya sastra
menjadi lebih faham mengenai apa yang ingin disampaikan oleh pengarang
-
Membuat komunikasi menjadi lebih efektif
-
Melambangkan ekspresi yang ada dalam
gagasan secara verbal (tertulis ataupun terucap)
-
Membentuk ekspresi ataupun gagasan yang
tepat sehingga dapat menyenangkan pendengar ataupun pembacanya.
6.
- Dari buku:
Namapenulis.tahun.judulbuku(miring).kota:penerbit
Mustava.2009.mukjizat air putih.yogja:datamedia.
-
Dari artikel:
Judul
dan pengarang
Russel,T.1998.”AN
alternative conception:representing representation”
Dalam
P.J.Black & Lucas (Eds), children’s informal ideas in science,
London:routledge
-
Dari internet
Nama.tahun.judul.alamatsitus.tglakses
Thomshon,A.
1998.the adult and the curriculum, (http://www.online), diakses 30 maret 2000
Sekilas tentang pertanyaan-pertanyaan diskusi mata kuliah bahasa indonesia dari saya. Semoga bermanfaat....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar