Sudah lama sudah tidak update materi diblogku ini yaa, akhirnya ada waktu lagi untuk menulis.
Berikut ini adalah lanjutan dari blogku sebelumnya yang berjudul Membuat Game 2D Ufo dengan Utinity
Melanjukan proses sebelumnya….
kita klik edit collider yang( gambarnya kayak logo steam)
terus kan ada ijo ijo tuh, nah itu di
pas in sama gambar temboknya bikin lagi kayak gitu sampe 4 kali,
coba di run
di player nya ditambahin CIRCLE collider
kenapa circle karena dia bulat,
add component di objek player
terus tambahin circle colider
terus ukurannya di pas in sama playernya
Itu yang ijo ijo juga
terus... coba di run
kan udah ada batasnya
oh iya tadi waktu open new project pada
pilih 2D atau 3D?
kalo misalnya yang 3D di ubah jadi 2D
disitu nya
oke lanjut yaa,,
disini kita bakal bikin biar camera nya
ngikutin si player kemana geraknya
caranyaa
bikin script c# baru di folder script
kasih nama camera controller
terus gantii scriptnya jadi..
penjelasannya itu..
transform.position =
player.transform.position+ ofsset itu ,jadi setiap playernya berubah , camea
posisinya juga berubah ngikutiin pertambahan perubahannya si player
abis itu di save
terus drag scriptnya ke inspector camera
terus drag objek player yang ada di hierarchy ke scriptnya
coba di run? udah beda kan?
nah..
abis itu kita buat coin coin nya,
masukin asset pickupnya ke hierarchy
karena kita pengen bikin coin banyak,
jadi di jadiin satu aja
drag pick up yang ada di hierarchy ke folder prefabs
abis itu pick up yang ada di hierarchy di hapus, terus buat game objek kosong
Create empty
terus ganti namanya jadi pick ups (tambah
s karena banyak)hehe
terus masukin lagi pick up yang ada di
hierarchy ke dalam pick ups nya sampe 12 biar gampang klik kanan terus
duplicate sampe 12
terus biarr ada scorenya kita tambahin
canvas sama text
klik kanan UI-> canvas
abis itu di canvas nya klik kanan ui
-> text
text nya dinamain count text
terserah juga sih mau dinamain apa hehe
udah?
klik aja 2 kali di object count textnya abis
itu digeser sampe paling pojok pokoknya sampe keliatan di game playnya
caranya ngecek udah keliatan belum tu di
scene yang game
oh iya jangan lupa ukuran, warna text
nya diubah ya biar keliatan
terus buka script player controller lagi,
tambahin scripnya
oh iya sebelum itu tambahin tag di objek player
Kalo belum ada buat baru
add tag
terus ditambahin script player
controller nya
oh iya itu sebelumnya buat win text juga
jadi 2
terus masukin win text sama count nya, udah
deh
ini hasilnya jadi kayak gitu, di asset
store nya ada project jadinya juga kok
itu kayak score nya lah
score awal 0
Oh jadi nanti score nya akan bertambah
kalau apa?
Kalau player ngenain pick upnya
itu pick up nya bisa sesuka hati mau
berapa aja
if (count >=13) {
tapi waktu disitunya diubah juga kalo
pick upnya diubah sesuain sama jumlahnya
Wah asik yaaaaa, jadi hasil akhirnya si
ufo mengumpulkan score nya dengan cara makan pickupnya. haha bukan makan sih,
di serang hehe
Semoga bermanfaat materinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar